Skip to content

PAD Melampaui Target, UPT PSMB-LT Mendapat Apresiasi dari Komisi B DPRD Provinsi Jatim

Kunjungan Komisi B DPRD Provinsi Jatim ke UPT PSMB-LT Jember

Dalam rangka memonitoring aktifitas perekonomian di daerah, Komisi B DPRD Provinsi Jatim melakukan kunjungan ke UPT PSMB-LT (Pengujian Sertifikasi Mutu Barang – Lembaga Tembakau ) Jember – Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jatim, Selasa (15/06/2021).

Rombongan legislatif tersebut disambut langsung oleh Kepala Disperindag Provinsi Jatim, Dr. Ir. Drajat Irawan, SE., MT. dan Kepala UPT PSMB-LT Jember, Ir. Siti Andriati Widartien, M.Si.

Kedatangan anggota dewan tersebut menurut Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Amar Saifudin bertujuan untuk melihat langsung pelayanan pengujian mutu barang dan tembakau serta museum tembakau yang menjadi bagian dari UPT PSMB-LT.

“Kita dari Komisi B yang membidangi perekonomian ingin memonitoring salah satu UPT di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Jatim yang bergerak di bidang mutu dan sertifikasi khususnya tembakau yang ada di Jawa Timur.” Papar Amar Saifuddin yang di dampingi Ketua Partai Golkar Jember H. Karimullah Dahrujiadi, SP yang juga anggota DPRD Provinsi Jatim Komisi B.

“Melalui kunjungan ini kita ingin melihat secara langsung pelayanan yang diberikan UPT PSMB-LT dan berharap agar lebih dipermudah lagi bagi para petani tembakau, karena menurut Pak Kadis, Jawa Timur ini memberi sumbangsih yang besar sebagai penyuplai tembakau dengan kontribusi kurang lebih 25,82 %,” tambah Amar.

Karena tingginya produktifitas tembakau itulah, Komisi B DPRD Jatim berharap segala sesuatu yang ada di UPT PSMB-LT Jember, baik peralatan laboratorium maupun fasilitas lainnya dapat dilakukan peremajaan apabila memang diperlukan.

“Jika memang butuh peremajaan, lakukan saja peremajaan karena memang sangat penting dan hadirnya UPT di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim ini.

Selain memberikan masukan tentang peremajaan fasilitas, Amar juga mengapresiasi produk tembakau yang tidak terpengaruh pandemi covid-19. Tembakau tetap eksis berproduksi, bahkan mengalami peningkatan sehingga program bantuan bagi masyarakat petani tembakau melalui Dinas Perkebunan sangat dibutuhkan.

“Harapan kita nantinya ada program- program bantuan bagi masyarakat petani yang menanam tembakau. Nanti kita dorong melalui program- program bantuan hibah dan lain-lain. “

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim ini tidak lupa memberikan apresiasi kepada UPT PSMB-LT Jember, karena dapat memenuhi target PAD bahkan mencapai lebih dari 100 persen.

“Alhamdulillah menurut Kepala UPT, target PAD bisa terlampaui bahkan 100 % lebih. Kita apresiasi capaian yang sudah diperoleh sekarang ini, dan mudah-mudahan untuk kedepannya ada peningkatan.” Pungkas Amar.

Tembakau Memberikan Dampak Ekonomi yang Signifkan

Sementara itu, Dr. Ir Drajat Irawan mengatakan bahwa kunjungan anggota Komisi B DPRD Jatim ini ke UPT PSMB-LT, intinya adalah untuk memonitor bagaimana kinerja dari UPT. PSMB-LT.

Menurut Kepala Disperindag Provinsi Jatim ini, UPT PSMB-LT Jember memberikan pelayanan diantaranya: pengujian, inspeksi, sertifikasi produk atau jasa dan pengambilan contoh untuk menjamin kesesuaian dari mutu produk dalam bentuk sertifikasi dan pengujian, baik itu untuk pangsa pasar dalam negeri maupun luar negeri. Objek pengujian diantaranya adalah tembakau Jember yang memang dikenal karena kualitasnya yang baik,

“Komoditi tembakau ternyata memang mampu memberikan dampak ekonomi yang signifikan, dimana sektor pengolahan industri hasil tembakau menempati urutan kedua terbesar setelah industri mamin dari total output industri pengolahan di Jawa Timur,” tandas Drajat Irawan.

Ditambahkan oleh Kepala Disperindag Provinsi Jatim ini bahwa industri hasil tembakau memberikan kontribusi sebesar 25,82 persen terhadap PDRB industri Jawa Timur pada tahun 2020.

“Hal ini diantaranya karena nilai tambah dari kualitas tembakau yang terjaga cita-rasanya melalui pembinaan teknis dan penyeliaan di bidang mutu sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh pasar, baik standar nasional Indonesia, standar Internasional maupun standar lainnya,” pungkas Drajat Irawan.

Pemaparan Materi dan Diskusi

Kedatangan Komisi B DPRD Provinsi Jatim ke UPT PSMB-LT pada Selasa (15/06/2021), sekitar pukul 09.00. Rombongan yang disambut Kepala Disperindag Provinsi Jatim dan Kepala UPT PSMB-LT selanjutnya dibawa ke aula.

Di tempat tersebut, Kepala UPT PSMB-LT, Ir. Siti Andriati Widartien, M.Si menyampaikan kata sambutan, disusul pemaparan materi oleh Kepala Disperindag dan Kepala UPT serta ditutup dengan tanya jawab dengan rombongan Dewan dari Komisi B.

Dalam sambutannya, Siti Andriati Widartien memaparkan tentang Profil UPT PSMB-LT Jember, Kondisi Existing, Performance dan Rencana Aksi.

“Total jumlah pelanggan yang memanfaatkan layanan UPT PSMB-LT Jember selama 5 tahun terakhir sebanyak 315 dengan jumlah pelanggan terbesar adalah perusahaan rokok sebesar 131, perusahaan beras sebanyak 54, perusahaan pupuk organik sebanyak 39 dan eksportir tembakau sebanyak 31. Layanan yang paling banyak mendapatkan pelanggan adalah layanan pengujian laboratorium,” terang Kepala UPT PSMB-LT Jember ini.

Usai acara pemaparan materi dan dialog, rombongan anggota dewan selanjutnya diajak meninjau lokasi Laboratorium Pengujian dan Museum Tembakau. Kunjungan tersebut berakhir sekitar pukul 12.30. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *