Skip to content

UPT PSMB-LT Jember Ikuti Pelaksanaan Upacara HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur Secara Virtual

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Saat Memimpin Upacara HUT Provinsi Jatim ke-76
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Saat Memimpin Upacara HUT Provinsi Jatim ke-76

Sebagaimana instruksi dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, pimpinan dan seluruh pegawai UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang – Lembaga Tembakau (PSMB-LT) Jember, mengikuti pelaksanaan upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-76 secara virtual melalui Zoom meeting.

Upacara yang berlangsung pada Rabu (13/09/2021) tersebut bertempat di ruang rapat ‘Kasturi’ dengan seluruh peserta upacara mengenakan pakaian Korpri lengkap.

Upacara peringatan HUT provinsi Jatim itu sendiri dipimpin langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan bertempat di Gedung Grahadi Surabaya.

Upacara ini mundur sehari dari waktu yang telah direncanakan, disebabkan karena Khofifah harus mendampingi Presiden RI ke tanah Gresik untuk meresmikan smelter atau pabrik pengolahan tembaga PT Freeport Indonesia yang merupakan smelter terbesar di dunia.

“Sebenarnya hari jadinya adalah tanggal 12 Oktober, tetapi kemarin di Hari Jadi Provinsi Jawa Timur kita mendapatkan hadiah luar biasa dengan berkenan bapak Presiden RI melakukan groundbreaking PT Freeport Indonesia yang membangun smelter terbesar di dunia,” papar Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (13/10/2021).

Khofifah yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa meskipun pembangunan smelter tersebut tidak diperuntukkan khusus bagi warga Jawa Timur, namun memberikan manfaat yang sangat besar bagi bangsa Indonesia, utamanya dari sisi penyerapan tenaga kerja.

“Di dalam konstruksi ini 40.000 tenaga kerja dibutuhkan dan total investasi. Insya Allah Rp 42 triliun tentu ini adalah hadiah yang luar biasa persis di saat HUT Pemprov Jawa Timur.”

Dalam kesempatan itu, Khofifah menyampaikan rasa syukur karena pemerintah dan masyarakat Jatim mampu melewati berbagai macam ujian, dan salah satu yang terbesar adalah pandemi COVID-19 yang dapat dilewati dengan baik.

“Peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur pada hakekatnya tentu adalah suatu ungkapan rasa syukur atas berkat rahmat Allah, Tuhan Yang Maha Esa sehingga perjalanan sejarah yang penuh dinamika, di mana ketegaran sikap, kekuatan mental dan ketenangan dalam melangkah dalam situasi yang normal maupun sulit telah mengantarkan kita kepada segala kemajuan yang kita dapatkan hari ini,” ungkap Khofifah.

Karena itu Gubernur Jatim berpesan kepada masyarakat agar pantang menyerah dan segera bangkit dari pandemi COVID-19, karena dengan cara itulah ekonomi di Jatim dapat bangkit kembali.

“Pada peringatan hari jadi ke 76 Provinsi Jawa Timur tahun 2021 ini kita masih menghadapi hari-hari yang tidak mudah, hari-hari di mana sudah 1 tahun lebih Jawa Timur, bangsa kita Indonesia dan seluruh warga dunia menghadapi wabah pandemi COVID-19 yang mengguncangkan tatanan ekonomi, kondisi politik dan interaksi kebudayaan di antara umat manusia,” ungkap Khofifah.

“Namun demikian di tengah gelombang besar ancaman kesehatan yang melanda provinsi kita Jatim yang juga bangsa kita Indonesia dan negara di dunia kita tidak boleh mundur dan tidak boleh kalah dengan rahmat dan keyakinan kita kepada Allah,” tambahnya.

Upacara Hari Jadi Provinsi Jatim ke-76 ini, selain dilaksanakan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan, juga digelar secara daring yang diikuti oleh seluruh instansi pemprov Jatim.

Salah satu dari instansi yang mengikuti jalannya upacara secara daring adalah UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang – Lembaga Tembakau (PSMB-LT) Jember.

Lembaga yang dipimpin oleh Ir. Siti Andriati Widartien, M.Si. ini mengikuti jalannya upacara secara virtual lewat live zoom meeting di ruang rapat Kasturi dengan diikuti seluruh pegawai UPT PSMB-LT Jember yang mengenakan seragam Korpri secara lengkap. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *