Skip to content

UPT PSMB LT Jember Pamerkan Kecanggihan Laboratorium di acara Gebyar Tembakau dan Kopi Lumajang.

Lumajang, Pengunjung Gebyar Tembakau dan Kopi Lumajang 2023 merasa puas saat berada di Kaliwungu Tempeh Lumajang, Selasa (8/7), tempat acara tersebut dilangsungkan.

Sebelum acara tersebut dibuka, pengunjung acara dusuguhi penampilan Topeng Wungu. Dua penampil tampil memukau di hadapan penonton.

Ir. Chairil Diani, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang, berkesempatan membuka acara tersebut.

Disampaikan oleh Chairil, pelaksanaan gebyar kali ini merupakan acara kalender tahunan Pemkab Lumajang.

Meski telah disusun dan direncanakan, namun tanggal kegiatan sempat mengalami perubahan.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut diprakarsai oleh DPC APTI. “Sumber dana dari para petani tembakau dan kopi, CSR, dan DBHCHT”, ujar Chairil.

Ia memaparkan, kegiatan gebyar kali ini meliputi bazar tani, pelatihan, advokasi, dan festival melinting tradisional. “Ada hadiahnya juga bagi pemenang”, imbuh dia.

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan di lokasi sentra tembakau Kaliwungu, dengan harapan produk lokal dapat diperkenalkan ke publik secara lebih maksimal.

Dipaparkan, ada 984 ribu ha lebih sentra tembakau di Lumajang, sedangkan tanaman kopi sekitar 4.000 ha lebih. Di Kaliwungu sendiri untuk tanaman tembakau ada 81 ha lebih.

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang dalam hal ini diwakili oleh Asisten bagian perekonomian dan pembangunan setda Lumajang hari suciati menuturkan, semoga kegiatan ini berjalan sukses walau tanpa kehadiran Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Lumajang sekalipun.

Dia sangat mengapresiasi atas kegiatan ini dalam usaha mengembangkan tembakau dan kopi di Lumajang.

Potensi tembakau dan kopi di Lumajang , sangat besar, sehingga memerlukan perhatian dan peran semua pihak untuk mengembangkan dan meningkatkan.

” Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lumajang terima masih terkhusus kepada dinas pertanian dan perkebunan Jawa Timur , karena sudah banyak membantu Lumajang. Termasuk pengusaha yang sudah membangun kemitraan dengan petani tembakau dan kopi di Lumajang.
ujar beliau.

Harapan terakhir, acara ini bisa bermanfaat bagi warga Lumajang.Diharapkan nanti ada pula pelatihan sehingga mampu mengembangkan para petani tembakau dan kopi di Lumajang.

Dwi Wahyono ketua APTI Lumajang juga menegaskan bahwa petani bertekad meningkatkan produksi tembakau agar pendapatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau atau DBHCHT juga meningkat.

Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba linting tembakau tradisional, pertunjukan tari topeng kaliwungu, bazar tani, nyeruput 500 cangkir kopi dan pembagian aneka doorprize.

Sebagai informasi turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bupati Setda Lumajang, Ketua DPRD, Kepala Dinas DKPP, Dirut Bank Jatim, Forum CSR, APTI, dan ratusan petani kopi dan tembakau.

Ada juga dari perwakilan Kepala Pusat BRIN, Kepala Dinas Perkebunan Jatim, Kepala BBPPTP Surabaya, Kepala UPT Uji Sertifikasi Mutu Barang Tembakau Jember berserta mitra kerja petani tembakau AOI dan IDS.

“Kami dari UPT PSMB LT Jember datang ke Lumajang untuk ikuti berpartisipasi di acara ini, sekaligus promosi layanan dan kemampuan laboratorium UPT PSMB LT juga museum.” kata Sunaryo, ST Kepala UPT PSMB LT Jember kepada wartawan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *